Home / World / Sports / Tipe – Tipe Pembeli dan Cara Menyikapinya

Tipe – Tipe Pembeli dan Cara Menyikapinya

Konsumen atau biasa disebut pembeli adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. (Sumber : wikipedia)

 

Oleh karena itu dalam dunia perdagangan pembeli merupakan salah satu peranan yang sangat penting dalam dunia bisnis maupun dunia masketing atau perusahan. Namun tidak semudah membalikan telapak tangan menjual suatu barang atau jasa kepada pembeli atau konsumen karena setiap pembeli memiliki karakter dan tipe yang berbeda beda.

 

Nahhh kali ini kami akan berbagi mengenai tipe tipe pembeli dan cara yang efektif untuk menyikapinya.

1. Tipe Pembeli Pendiam

Konsumen tipe ini biasanya tidak banyak bicara. Jika tidak mendapatkan pancingan dari lawan bicaranya maka mereka tidak akan berbicara. Less talk more action, mungkin itulah semboyan konsumen tipe ini.

Tipe konsumen yang seperti ini biasanya jarang memiliki teman atau relasi yang banyak karena mereka sulit untuk berosialisasi dengan masyarakat atau lingkungan sekitar, Namun apabila mereka sudah memiliki seorang teman maka ia akan sangat percaya dengan temanya dan apabila ia sudah percaya dengan satu orang maka ia akan terus mempercayainya selama yang diberi tanggung jawab tidak menghianatinya. hal ini sangat menguntungakan bagi anda karena apabila ia sudah percaya dengan anda maka ia akan selalunya menggunakan barang / jasa yang anda jual, dan referensi dari si pendiam ini sangat dapat di andalkan.

Langkah-langkah komunikasi ketika berhadapan dengan konsumen tipe ini adalah:

  • Anda harus lebih aktif berbicara, sebab apabila anda menghentikan pembicaraan maka suasana akan mati dan pembeli akan mudah sekali merasa bosan
  • Memulai topik pembicaraan dengan hal-hal yang ringan seperti mengenai kabar, hobi atau yang lainya, jangan langsung to the point ke maksud dan tujuan anda ingin menjual.

2. Tipe Pembeli Cerewet

Tipe konsumen atau pembeli tipe ini sangat aktif dalam berbiaca walaupun tidak memancingnya berbicara, bahkan tipe ini bisa saja terlihat sangat dekat dan sangat menengenal anda. Tipe ini sangat mudah di ajak berbicara dengan santai dan asyik. Tetapi anda jugaa harus tetap save control karena mereka seringkali berlebihan dalam berbicara.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk berkomunikasi dengan tipe ini yaitu:

  • Cobalah untuk sabar dan mendengar konsumen atau pembeli berbicara.
  • Ikuti alur pembicaraa sampai waktu yang tepat belokan pembicaraan sesuai dengan tujuan anda.
  • Jangan ragu untuk berkata “Bolehkah saya berbicara sekarang ?” karena tanpa kata itu konsumen atau pembeli tipe seperti ini akan terus berbicara bahkan akan menghilangkan fokus anda terhadap tujuan anda.

3. Tipe Pembeli Arogan

Tipe pembeli yang seperti ini adalah tipe pembeli yang sangat sulit untuk mendapatkan masukan dan pendapat orang lain, menganggap pendapatnya adalah yang paling benar dan tidak bisa di ganggu gugat. Terkadang seorang seles atau marketing tidak tahan dengan tipe pembeli yang seperti ini karena karakternya yang membuat geram, marah dan hilang niatan untuk memprospeknya.

Cara untuk meyikapi tipe pembeli seprti ini adalah :

  • Biarkan mereka kesempatan untuk memahami produk anda sesuai keinginan dan sudut pandangnya. Anda dapat memberikan informasi lewat brosur dan memberikanya kepada mereka supaya mereka dapat berpendapat sendiri.
  • Jangan coba-coba mengganggu “kesendirianya” jika anda tidak ingin mendapat omelan dan cacian.
  • Anda hanya bisa bertanya “Apakah sudah jelas tentang produk kami ?” atau pertanyaan yang sejenisnya
  • Tipe konsume seperti ini biasanya sangat senang apabila di puji, maka pujilah mereka dengan sopan dan proposional serta sesuai dengan kondisi yang tepat dan sesuai kenyataan.

4. Tipe Pembeli Sombong

Apakah Anda tahu perbedaan sombong dengan arogan? Dalam konteks ini, tipe sombong dimaknai sebagai seseorang yang terlalu bangga dengan dirinya dan suka banyak berbicara dan sering kali memamerkan kemampuannya dan apa yang dimiliki. Padahal yang dikatakan mereka belum tentu benar. Bagi penjual, tipe seperti ini adalah konsumen yang paling mudah dipengaruhi.

Berikut beberapa hal yang harus anda lakukan ketika menyikapi pembeli tipe ini

  • Biarkan kesempatan untuk mereka berbicara
  • Berikanlah kesan seolah-olah anda menyetujui apa yang mereka katakan. Misalnya dengan mengatakan “Anda Benar.”, “Saya Setuju Dengan Anda”.
  • Berikan Pujian yang membuat mereka bangga akan hal itu. Misalahnya pembeli itu memakai barang yang mereka kenakan seperti jam tangan, tas atau perhiasan, maka pujilah mereka tentang itu.
  • Rayu konsumen Anda untuk menggunakan produk Anda berdasarkan pembicaraan mereka sendiri. Contoh pernyataan, “Jika mampu membeli barang mewah seperti yang telah Anda ceritakan, Anda pasti bersedia membeli produk kami”.

5. Tipe Pembeli Hemat

Orang hemat adalah orang yang terlalu memperhitungkan untung rugi dan memanfaatkan setiap hal yang akan dibelinya. Tipe pembeli seperti ini akan memperhitungkan dengan detail apa yang mereka seberapa besar manfaat yang mereka peroleh apabila membeli suatu. Namun mereka seringkali berlebihan dalam melakukan perhitungan dan tidak akan melewatkan satu perhitungan pun. Berikan keistimewaan apabila membeli produk anda, misal “memberikan free setiap pembelian produk anda”

Trik untuk menghadapnya adalah :

  • Siapkan perhitungan sedetail mungkin untuk produk/ jasa yang anda jual
  • Sampikan manfaat dan fungsi produk selengkap mungkin kepada konsumen
  • Jangan remehkan satu perhitungan pun, jika itu terjadi maka pembeli akan hilang niatan untuk membeli produk anda.
  • Jangan abaikan manfaat dan kegunaan produk.

6. Tipe Pembeli Pembanding

Tipe pembanding adalah konsumen yang sangat paham akan produk yang Anda tawarkan. Bisa jadi konsumen tipe ini justru lebih menguasai produk Anda bahkan produk kompetitor, jika Anda tidak benar-benar mempelajari produk. Untuk itu anda harus lebih meguasai Product Knowledge dan menyampaikan produk anda dengan detail. Tak hanya produk yang anda jual saja yang anda kuasai anda juga harus memiliki pengetahuan untuk produk yang lainya agar anda dapat menunjukan perbandingan kepada tipe pembeli yang seperti ini.

Trik untuk menghadapnya adalah :

  • Kuasai produk dengan maksimal
  • Kuasai ilmu presentasi agar dapat meyakinkan tipe pembanding.
  • Save control dan jangan ikut terjebak untuk ikut membandingkan produk tanpa memikirkan dampak yang adak ditimbulkan.
  • Ajak rekan kerja atau atasan untuk menjelaskan produk apabila anda belum paham betul mengenai produk.

7. Tipe Pembeli Tidak Mudah Percaya

Tipe tidak mudah percaya adalah tipe yang sulit untuk dipengaruhi karena mereka membutuhkan pembuktian yang real dan mereka melihat dengan mata sendiri agar dapat mempercayai penjelasan yang anda sampaikan.

Trik untuk menghadapnya adalah :

  • Lakukan presentasi atau penjelasan produk dengan lancar agar pembeli tipe ini percaya kepada anda bahwa anda benar benar menguasai produk.
  • Siapkan demo produk seperti memegangnya, mengecek kualitasnya, dan sertakan mereka agar mereka dapat langsung melihatnya.

Sekian dulu perjumpaan kita mengenai tipe tipe pembeli dan cara cara untuk menyikapinya, semoga dapat menjadi pengetahuan anda dan dapat membantu anda dapam penjualan prduk anda. Trimakasih.

About admin1

Saya adalah pengelola situs ini. Kami juga melayani jasa kemitraan bagi pelaku UKM dan pebisnis online. Support diberikan cuma-cuma melalui halaman Contact dan untuk komunikasi secara langsung, Silakan hubungi Kontak saya -> 085747886669

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: