Home / Business / Cost-Benefit Analysis Investasi Aplikasi Web 2

Cost-Benefit Analysis Investasi Aplikasi Web 2

b) Diagram Silang atau Crossover
Adalah sebuah diagram biaya pada volume-volume yang memungkinkan untuk lebih dari satu proses bertujuan menghitung titik-titik crossover untuk strategi proses yang berbeda-beda. (Jay Heizer & Barry Render 406,2009).

3. Hasil dan Pembahasan
Pada bagian ini, dijelaskan tujuan dari penelitian ini adalah kepuasan konsumen berpengaruh segnifikan terhadap vendor dan perusahaan. Hasil jumlah nilai tambah manfaat berpengaruh terhadap kinerja keuangan atau ekonomi konsumen berikut pengendalian situasi pekerjaan berpengaruh positif terhadap produktifitas karyawan.
3.1. Biaya
Uraian pengeluaran biaya investasi sebagai berikut :
Tabel 1. Estimasi biaya

Analisis proyek dengan kriteria investasi biaya modal perusahaan A = 6%, B = 10%, C = 8%.

Untuk mengatasi masalah ini, maka dilakukan pemberian rangking terhadap proyek-proyek, kemudian mengambil keputusan berdasarkan anggaran investasi yang ada. Maka perusahaan memiliki arus kas seperti berikut :

Tabel 2. Capital rationing

Capital rationing dilakukan pada umumnya dengan menggunakan IRR atau NPV. Jika limit yang ditetapkan 800 berdasar Kriteria IRR atau NPV maka proyek yang dipilih adalah proyek A.

Untuk menentukan kriteria yang digunakan, maka tergantung preferensi investor karena masing-masing mempunyai keunggulan dan kelemahan. NPV menunjukkan nilai tambah dari suatu investasi, sementara IRR menunjukkan tingkat return.

Untuk Payback Period (PP), jumlah investasi proyek = 600, umur ekonomis proyek adalah 2 periode.

Untuk Index Profibility (IP) memberikan nilai sebesar 731. Diperoleh dari membagi nilai aliran kas masuk dengan nilai investasi.

Untuk Break Even Point (BEP), dengan biaya pengeluaran tetap 600, variabel total pendapatan kas 864, mendapatkan nilai titik impas adalah 664.

3.2. Manfaat
Dari uraian biaya investasi tabel.1 dan tabel.2 menghasilkan pendekatan IE untuk memungkinkan organisasi membuat dua perbedaan penting melalui gambar berikut :
Gambar 2. Pendekatan Chart Scatter dan Grafik BEP

3.3. Resiko
Penerimaan penggunaan teknologi aplikasi web dan sms gateway dapat dibandingkan dari proses secara lebih lanjut dengan melihat pada titik dimana biaya total prosesnya berubah.

Diagram Silang/Crossover

Tiga proses berbeda dapat diperkirakan memiliki tiga biaya berbeda. Namun, pada volume berapa pun, hanya satu proses yg akan memiliki biaya terendah.

PT. PNV ingin mengevaluasi tiga produk perangkat lunak berbasis web dan sms gateway (A, B, dan C). untuk mendukung perubahan dalam proses sistem informasi keuangan internal. Proses yang dihasilkan akan memiliki struktur biaya seperti yang ditunjukkan pada gambar 4 dengan proses biaya berikut :

Proyek A menghasilkan proses paling ekonomis hinga V1, tetapi pastinya hingga jumlah laporan berapa (volume). Untuk menentukan volume di V1, biaya proyek A ditetapkan sama dengan biaya proyek B. V1 adalah volume yang tidak diketahui.
600 + (180) V1 = 1.500+(128) V1
52 V1 = 2.408
V1 = 2.857
Hal ini proyek A paling ekonomis dari 0 laporan hingga 2.857 (V1).

Secara Serupa, menentukan titik crossover V2, ditetapkan biaya proyek B sama dengan proyek C.

1.500 + (128) V2 = 1.750+(44) V2
84 V2 = 3.250
V2 = 6.666

Hal ini berarti proyek B paling ekonomis jika jumlah laporan berada diantara 2.857 (V1) dan 6.600 (V2); proyek C paling ekonomis jika jumlah laporannya lebih dari 6.666 (V2).

4. Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan yang dapat diambil dari analisis dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat diperoleh hasil sebagai berikut :

  1. Pemahaman proyek perangkat lunak dan keras yang dipilih sangat bergantung pada volume yang diperkirakan.
  2. Bahwa diperoleh investasi pada proyek A baik untuk dilaksanakan dan
  3. Indikasi struktur tingkatan proses manajemen operasi memberikan gambaran penting untuk dijadikan sumber daya penyelesaian proyek.

Dari hasil analisis dan pembahasan ini, dapat dilakukan pengembangan lebih lanjut antara lain :

  1. Mengetahui penerimaan dan faktor sistem informasi yang mempengaruhi menggunakan model teori pelaku penerimaan dan penggunaan teknologi (UTAUT) yang telah dimodifikasi,
  2. Mengembangkan suatu pengetahuan fundamental pada sisi menajemen proyek yang baru mengenai analisis jalur jaringan Activity on Mode(AOA) dan Activity on Arrow (AON),
  3. Menentukan jadwal proyek menggunakan metode forward pass dan backward pass untuk suatu proyek sistem informasi.
Referensi
Sorin Kertesz (2003). Cost-Benefit Analysis of e-Government Investments. Harvard University, Halaman 7.

Papulele, Wingly (2011). Analisa Biaya Investasi Proyek Perumahan. Fakultas Teknik. Manado.

Manopo, SFJ, (2013). Analisis Biaya Investasi Pada Perumahan Griya Paniki Indah. Jurnal Sipil Statik Vol.1 No. 5.

Heizer, Jay (2009). Manajemen Operasi. Salemba Empat Jakarta.

Hendarti, H. Dr,.Gondodiyoto, Suryanto (2010). Analisis Investasi SI dengan Menggunakan Metode Information Economic Uwidyatama Techno-Economy dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia/P31MB.

Ginting, Mbayak (2011). Implementasi Sistem Pendukung Keputusan untuk Penilaian Rencana Investasi Teknologi Informasi dengan Metode Informatic Economic. Jurnal Wira Ekonomi Mikrosil. Vol.1 No.2 2011.

Suliyanto. (2006). Metode Riset Bisnis. Penerbit; CV. Andi Offset, Yogyakarta

Coram, Prof (2011). Calculating IRR (Internal Rate of Return) and NPV (Net Present Value) using Excel. Finance and Accounting Videos.

Abdulah, Fitria (2015). Analisis Kelayakan Investasi Aktiva Tetap Pembelian Mesin Printing pada PT. Radja Digital Printing Samarinda. E-journal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(2):297-310.

About admin1

Saya adalah pengelola situs ini. Kami juga melayani jasa kemitraan bagi pelaku UKM dan pebisnis online. Support diberikan cuma-cuma melalui halaman Contact dan untuk komunikasi secara langsung, Silakan hubungi Kontak saya -> 085747886669

Check Also

Aplikasi Medical IT

Kami adalah sekelompok orang yang melakukan Bisnis software house dalam bidang pembuatan perangkat lunak (software) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: