Home / World / Videos / Pengembangan Pembelajaran Berbasis Komputerisasi MI Muhammadiyah 2

Pengembangan Pembelajaran Berbasis Komputerisasi MI Muhammadiyah 2

Latar Belakang.

Awal milenium baru dan reformasi menjanjikan harapan untuk mempercepat perkembangan sektor pendidikan di Indonesia. Kunci utama yang memicu akan timbulnya harapan baru tersebut berjalan ke arah desentralisasi, manajemen berbasis lembaga pendidikan, dan pemberdayaan lembaga pendidikan serta masyarakat untuk mempengaruhi hasil (outcomes) lembaga pendidikan, juga kesatuan tujuan-tujuan dari semua sektor pendidikan.
Penekanan penting akan memaksimumkan sumber daya manusia di semua sektor, berarti kita akan membutuhkan sistem komunikasi yang sangat efektif. Apabila kita merespons pada kebutuhan fokus awal seharusnya lebih berdasarkan penerimaan informasi daripada penyebaran informasi. Hal ini hampir memutarbalikkan peran jika dibandingkan dengan peran komunikasi administrasi pendidikan yang dulu.
Penelitian mengenai pengembangan lembaga pendidikan secara jelas menunjukkan salah satu cara yang paling efektif bagi lembaga pendidikan yang ingin berkembang secara mandiri yaitu lewat berbagi (sharing) informasi dan ide-ide. Salah satu dukungan yang terbesar untuk pengembangan pribadi dan profesi pendidik yang memanfaatkan proses pembaharuan yaitu komunikasi yang terbuka dan mendukung melalui forum rutin. Melalui penyampaian masalah secara kolektif di antara rekan seprofesi sudah menghasilkan solusi yang efektif dan dapat direalisasikan.
Masukan (input) dan kontribusi langsung dari para pemegang peran (stakeholders) yang lain; yayasan, orang tua dan anggota masyarakat juga memberikan informasi yang sangat membantu dan meningkatkan dukungan masyarakat bagi pengembangan lembaga pendidikan. Jika objektivitas utamanya adalah memaksimalkan pendidikan sumber daya manusia maka hal itu telah meningkatkan hubungan komunikasi kita dengan seluruh sektor lingkungan pendidikan dan para pemegang peran (stakeholders). Bahkan, kunci utama untuk meningkatkan komunikasi harus terfokus pada saling berbagi komunikasi terbuka dan meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan dukungkan dari segala bidang.
Perkembangan teknologi berkaitan erat dengan perkembangan informasi. Semakin canggih sebuah teknologi akan semakin mudah masyarakat memperoleh informasi yang mereka butuhkan. Teknologi informasi berpengaruh terhadap peradaban masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan. Semakin banyak individu dalam masyarakat yang menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi maka akan semakin baik pula tingkat peradaban dalam masyarakat tersebut.
Sumber daya berkualitas yang mampu menguasai teknologi informasi harus dididik sejak usia dini. Pendidikan ketrampilan pemakaian komputer merupakan salah satu yang dapat dilaksanakan sebagai upaya peningkatan kualitas individu.
Tanggung jawab MI Muhammadiyah Patikraja sebagai lembaga pendidikan dalam memasuki era globalisasi baru ini yaitu harus menyiapkan siswa untuk menghadapi semua tantangan yang berubah sangat cepat dalam masyarakat kita. Kemahiran komputer adalah kriteria yang biasa diminta masyarakat agar alumni MI Muhammadiyah Patikraja lebih berkualitas dibanding siswa dari lulusan madrasah lainnya. Dengan adanya komputer yang telah merambah di segala bidang kehidupan manusia hal itu membutuhkan tanggung jawab sangat tinggi bagi sistem pendidikan kita untuk mengembangkan kemampuan dan kemahiran siswa dalam penggunaan komputer.
Sejalan dengan perkembangan Teknologi Informasi komunikasi dan multimedia yang sedemikian cepat, MI Muhammadiyah Patikraja memiliki rencana strategis untuk mencapai e-school. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan melakukan pengembangan pembelajaran berbasis komputer.

About admin1

Saya adalah pengelola situs ini. Kami juga melayani jasa kemitraan bagi pelaku UKM dan pebisnis online. Support diberikan cuma-cuma melalui halaman Contact dan untuk komunikasi secara langsung, Silakan hubungi Kontak saya -> 085747886669

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: